Konsep Teoritis Biomolekul yang Meliputi Gula dan Karbohidrat, Asam Amino, Protein

Gambar UAS NO 1



A. Gula dan Karbohidrat
Gula sangat banyak kita temukan atau gunakan dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya yaitu digunakan sebagai pemanis. Gula merupakan suatu karbohidrat yang dapat menghasilkan energi. Nama kimia dari gula adalah sukrosa, dimana sukrosa ini terbentuk dari glukosa dan fruktosa, yang ketiganya merupakan bagian dari karbohidrat sederhana. Pada sukrosa ini, glukosa dan fruktosa bergabung dalam suatu ikatan karbon rantai pertama pada glukosa dan karbon rantai kedua dari fruktosa.
Kegunaan lain dari gula (sukrosa) ini adalah sebagai sumber nutrisi, sumber karbon, sebagai bahan bakar mesin amatir, dan lain-lain.

B. Asam Amino
Asam Amino merupakan Suatu senyawa organik yang memiliki gugus fungsi -COOH dan gugus amina NH2. Asam amino memiliki beberapa bentuk ataupun jenis, yaitu:
    1. Asam Amino Essensial
yaitu asam amino yang tidan dapat disintesis oleh tubuh kita.
    2. Asam Amino Non essensial
yaitu asam amino yang dapat disintesis oleh tubuh kita.
 Selain jenis diatas, asam amino juga memiliki jenis yang lain, yaitu:
1.    Berdasarkan Rantai Samping
·      Rantai samping nonpolar.
·      Rantai samping polar tidak bermuatan.
·      Rantai samping yang bersifat asam.
·      Rantai samping yang bersifat basa.
2. Berdasarkan Struktur Kimia
·      Struktur yang tidak bermuatan.
·      Struktur ion pada pH fisiologis.
  Kegunaan dari Asam Amino ini adalah:
1. Mendukung reaksi metabolisme sel-sel tubuh.
2. Mengurang stres dan antidepresi.


3. Menangani kelelahan Kronis.
4. Memproduksi limfosit.

C. Protein
yaitu suatu unsur asam amino yang memiliki unsur C, H, O, dan N, danjuga ada yang mengandung S dan P.
Protein merupakan suatu senyawa organik yang komplek, yang memiliki ikatan peptida sebagai penghubung monomer asam aminonya.
Didalam tubuh manusia, protein ini sangat berguna untuk memperbaiki semua jaringan tubuh, mengatur keseimbangan asam basa dalam tubuh, dan juga sebagai zat pengatur pergerakan didalam tubuh.




Permasalahan:
1. Bagaimana proses sukrosa sehingga dapat digunakan sebagai bahan bakar mesin amatir?

2. Dalam salah satu fungsi amino, yaitu asam amino dapat berfungsi untuk menguragi stres. Bagaimana proses asam amino ini sehingga dapat mengurangi stres?

3. Bagaimana cara protein memperbaiki jaringan tubuh yang rusak?

Komentar

  1. Hai lizaa
    Saya emy yulia A1C117064 saya akan membantu menjawab pada permasalahan no 2. Menurut saya salah satu jenis asam amino ada yang namanya triptofan jenis asam amino inilah yang sangat digunakan pada proses metabolisme protein. Nantinya triptofan ini akan diubah menjadi molekul 5 hydroxytryptophan nah senyawa inilah yang digunakan untuk membuat hormon serotonin hormon ini berhubungan dengan suasana hati kita atau dapat merubah suasana hati dengan itu dapat pula ia mengurangi stress yang sedang kita rasakan. Kita dapat mendapatkan triptofan ini dari sumber makanan yang berproteun seperti daging, telur, ikan dan lain sebagainya.
    Semoga membantu!!

    BalasHapus
  2. Halo liza! Saya firna akan membantu menjawab permasalahan no.3 nah cara protein memperbaiki sel tubuh kita yaitu bermula dari asam amino akan masuk ke dalam usus halus, nah disaat yang bersamaan pula pankreas akan mengeluarkan enzim bikarbonat yang bertugas menetralkan asam yang terbawa ke lambung. Selanjutnya, asam amino dan peptida di pecah lagi ke bentuk yang lebih sederhana agar bisa di cerna. Selanjutnya bentuk protein yang paling sederhana ini lah yang di serap oleh dinding dinding usus halus. Pada usus halus terdapat villi dan mikrovil yang memudahkan penyerapan asam amino. Setelah itu, asam amino akan masuk ke dalam aliran darah dengan nutrisi yang lain yang sevelumnya telah di serap dengan usus halus juga. Aliran darah ini akan melewati sel sel tubuh dan membagikan kepada bagian tubuh yang rusak.
    Terimakasih, semoga membantu.

    BalasHapus
  3. Hai liza
    Saya akan menjawab permasalahan no 1
    Sukrosa merupakan jenis gula yang rumus molekulnya mempunyai atom karbon. Pada saat ditambahkan dalma pembuatan bahan bakar, maka sukrosa ini akan berfungsi sebagai sumber karbon. dimana pada pembuatan bahan bakar roket amatir, sukrosa direaksikan dengan penambahan oksidator kalium nitrat sehingga berfungsi sebagai bahan bakar.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Konformasi Struktur dan Stereokimia Lanjut Persenyawaan Kimia Organik

Prinsip-Prinsip Sintesis Senyawa Alkaloid

Mekanisme Reaksi Bersaing SN2 dan E2