Polisiklik dan Reaksi Perisiklik

1. Senyawa Polisiklik
Senyawa polisiklik adalah suatu senyawa siklik yang mengandung dua atau lebih sistem cincin. Dalam senyawa polisiklik ini, terdapat beberapa hubungan antara cincin-cincinnya, yaitu dapat berupa gabungan (fused ring), atau melalui jembatan (bridge/condensed). Beberapa contoh dari senyawa polisiklik adalah naftalena, kanfor, dan bisikloheksana.

Suatu senyawa polisiklik yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari adalah salah satunya steroid. Steroid ini banyak ditemukan sebagai hormonal.


2. Reaksi Perisiklik
Reaksi perisiklik ini juga dikenal sebagai reaksi poliena. Reaksi ini berjalan dalam satu tahap yang mana, cahaya dan kalor digunakan sebagai katalisatornya. Reaksi ini bersifat reversibel. Jenis-jenis reaksi perisiklik adalah:
a. Reaksi Sikloadisi
Reaksi ini merupakan reaksi yang terjadi antara 2 molekul yang tidak jenuh yang membentuk suatu produk cincin (jenuh).
b. Reaksi Elektrosiklik
yaitu reaksi siklisasi dari suatu poliena yang terkonjugasi. Dimana, diena akan menghasilkan siklik anggota empat dan triena akan menghasilkan siklik anggota enam. 
c. Penataan Ulang Sigmantropik
yaitu suatu proses dimana terjadinya perpindahan suatu atom atau gugus dari satu posisi ke posisi yang lain. Jenis-jenis pergeseran sigmatropik adalah : Pergeseran sigmatropik [1,3], pergeseran sigmatropik [1,7], dan pergeseran sigmatropik [3,3].




Permasalahan:
1. Dari penjelasan diatas, dijelaskan bahwa salah satu senyawa polisiklik adalah steroid yang banyak ditemukan sebagai hormonal. Jelaskan kegunaan lain dari steroid tersebut dalam kehidupan sehari-hari!

2. Bagaimana peran naftalena sebagai senyawa polisiklik dalam kehidupan sehari-hari?

3. Pada penataan ulang sigmantropik, terdapat 3 jenis pergeseran. Apa yang membedakan ketiga pergeseran tersebut?

Komentar

  1. 2. Biasanya naftalena banyak disebut dengan kapur barus. Kita tentu tidak asing lagi dengan kapur barus yang biasanya digunakan untuk mengusir serangga dan juga dapat digunakan untuk mengurangi rasa gatal pada kulit yang terkena gigitan serangga. (A1C117074)

    BalasHapus
  2. Saya ira desmila nim A1C117010 akan mencoba menjawab pertanyaan no 1. Menurut saya steroid ini terdapat dalam hormon di tubuh kita sehingga fungsinya dalam kehidupan sehari-hari adalah aktivitas tubuh yang disebabkan oleh bantuan steroid yang terdapat didalam hormon. Sebagaimana kita ketahui steroid ini banyak d temukan didalam hormon contohnya progesteron, estrogen dan testosteron. Semoga membantu

    BalasHapus
  3. Hallo liza..
    Saya Akan mencoba menjawab permasalahan yang nomor 3. Menurut Saya yang membedakan yaitu Cara melakukan pergeseran atau perpindahan posisi yang dilakukan setiap penataan ulang sigmatropik. Penataan ulang sigmatropik dalam melakukan pergeseran atau perpindahan posisi tergantung pada ikatan yang Akan melakukan perpindahan posisi tersebut. Misalnya pada suatu retensi stereokimia pergeseran dilakukan dengan Cara tanpa melakukan rotasi pada ikatan ya.
    Semoga membantu 🙏

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Konformasi Struktur dan Stereokimia Lanjut Persenyawaan Kimia Organik

Prinsip-Prinsip Sintesis Senyawa Alkaloid

Mekanisme Reaksi Bersaing SN2 dan E2