Stereokimia Lanjut Persenyawaan Kimia Organik

Stereokimia merupakan ilmu yang mempelajari tentang pengaturan atom-atom dalam suatu molekul dalam ruang tiga dimensi, yang mana ruang satu memiliki hubungan dengan ruang yang lainnya.
A. Isomer Geometrik
Isomer merupakan suatu senyawa yang memiliki rumus molekul sama, sedangkan rumus strukturnya berbeda.
Isomer geometrik merupakan isomer yang disebabkan karena adanya ketegaran dalam molekul. isomer geometrik ini hanya ditemukan dalam senyawa alkena dan senyawa siklik.
Contoh isomer geometri pada alkena:


Contoh isomer geometri pada senyawa siklik:


Syarat-syarat isomer geometri pada alkena adalah setiap atom karbon yang terlibat dalam ikatan pi yang mengikat gugus yang berlainan. Apabila atom karbon tersebut memiliki dua gugus identik (sama), maka isomer geometrik tersebut tidak akan terjadi.

B. Persenyawaan Kimia Organik
Pada umumnya, senyawa organik merupakan senyawa yang mengandung atom karbon didalamnya. senyaw organik tersebut dapat berupa padatan, cairan, ataupun gas. Berikut ini beberapa contoh senyawa organik adalah :

1. Senyawa Alifatik

Senyawa alifatik merupakan senyawa yang terdiri dari atom karbon dan hidrogen. Ciri lain dari senyawa ini adalah atom karbon yang terkandung didalamnya memiliki ikatan bermacam-macam, bisa ikatan 1 (tunggal), bisa 2 (rangkap 2), bahkan 3 (rangkap 3). Contoh senyawa alifatik :
 


2. Senyawa Alisiklik
Senyawa alisiklik ini tidak berbeda jauh dari senyawa alifatik, hanya saja pada strukturnya membentuk cincin (siklik) dan gugus fungsionalnya terdiri dari atom karbon, hidrogen, dan juga oksigen. Contohnya:
3. Aldehid
Aldehid merupakan senyawa organik yang memiliki gugus OH yang terikat pda atom karbon. Contohnya : Formaldehid, Paraldehida, dll.
4. Keton
Keton merupakan senyawa organik yang memiliki gugus O yang terikat pada atom karbonnya. Contohnya : Propanon / Dimetil keton / Aseton.
5. Ester
Ester adalah senyawa organik yang memiliki bau yang khas. Ester ini juga merupakan turunan dari asam karboksilat. Contohnya : 


Permasalahan:
1. Dari penjelasan diatas, dapat kita ketahui bahwa didalam senyawa alifatik terdapat senyawa-senyawa yang memiliki berbagai macam ikatan. Sebutkan 3 contoh senyawa yang tergolong alifatik dan Apa kegunaannya dikehidupan sehari-hari?
2. Dalam bidang apa saja senyawa aldehid berguna dikehidupan sehari-hari dan Sebutkan nama senyawa tersebut !
3. Dapat kita ketahui bahwa senyawa-senyawa ester sangat banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Apakah senyawa ester tersebut memiliki dampak pada tubuh manusia apabila digunakan terlalu banyak? jelaskan !


Komentar

  1. Hai liza
    perkenalkan saya Vinni Sridayanti Nim A1C117030, saya akan mencoba menjawab permasalahan no. 3
    Ada berbagai macam manfaat senyawa aldehid dalam kehidupan sehari-hari
    1. Dalam bidang kesehatan, contohnya larutan formaldehida atau metanal 40% dikenal sebagai formalin yang digunakan untuk antiseptik dan pengawet mayat, dan paraldehida digunakan sebagai obat penenang.
    2. dalam bidang industri, contohnya formaldehida dimanfaat sebagai bahan baku untuk industri plastik melamin dan bakelit dan asetaldehida atau etanal yaitu polivinilasetat (P VA) yang digunakan sebagai bahan lem.
    3. Bidang pertanian, contohnya sinamaldehida merupakan zat yang memberi aroma khas pada kayu manis, dan vanilin merupakan senyawa aldehida yang memberi aroma khas pada buah vanili.
    Terimakasih semoga membantu

    BalasHapus
  2. Saya M.Raidil
    Nim A1C117006
    Akan coba menjawab pertanyaan nomor satu yaitu metana sebagai bahan bakar kompor, asetilen untuk pengelasan, etena bahan baku pembuatan polietena.
    Semoga membantu

    BalasHapus
  3. Hai Liza
    Saya Enung Sundari
    Nim A1C117056

    Akan menjawab pertanyaan no 2
    Dimana aldehid sering digunakan dalam bidang industri dimana senyawa yang digunakan adalah formaldehid yang digunakan sebagai bahan pembuatan plastik.
    Aldehid juga sering digunakan sebagai bahan pengawet pada mayat yg biasa senyawa digunakan adalah formalin.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Konformasi Struktur dan Stereokimia Lanjut Persenyawaan Kimia Organik

Prinsip-Prinsip Sintesis Senyawa Alkaloid

Mekanisme Reaksi Bersaing SN2 dan E2