Konformasi Struktur dan Stereokimia Lanjut Persenyawaan Kimia Organik

Stereokimia adalah ilmu tentang molekul-molekul dalam ruang tiga dimensi. beberapa bentuk dari stereokimia, yaitu:
A. Konformasi
Konformasi merupakan suatu hasil dari rotasi pada sumbu ikatan tunggal yang berupa susunan 3 dimensi dari atom-atom. 
Dalam mengemukakan suatu konformasi, jenis-jenis rumus yang digunakan adalah : rumus dimensional, rumus bola dan pasak, dan proyeksi Newman.
Rumus dimensional dan rumus bola dan pasak adalah suatu representasi model molekul pada suatu senyawa dalam bentuk tiga dimensi. Sedangkan proyeksi Newman adalah pandangan antar ujung dari 2 atom karbon dalam molekul tersebut.


 contoh dari sebuah konformasi :



pemutaran sudut atom karbon dalam suatu konformasi :


dari 6 perputaran sudut atom karbon tersebut, terdapat 2 konformasi ekstrem, yaitu:



B. Isomer Geometrik
Isomer merupakan suatu senyawa yang memiliki rumus molekul sama, sedangkan rumus strukturnya berbeda.
Isomer geometrik merupakan isomer yang disebabkan karena adanya ketegaran dalam molekul. isomer geometrik ini hanya ditemukan dalam senyawa alkena dan senyawa siklik.
Contoh isomer geometri pada alkena:


Contoh isomer geometri pada senyawa siklik:


Syarat-syarat isomer geometri pada alkena adalah setiap atom karbon yang terlibat dalam ikatan pi yang mengikat gugus yang berlainan. Apabila atom karbon tersebut memiliki dua gugus identik (sama), maka isomer geometrik tersebut tidak akan terjadi.


Permasalahn:
1. Didalam perputaran sudut atom karbon terdapat 2 konformasi ekstrem, yaitu konformasi goyang dan konformasi eklips. Apakah yang dimaksud dengan kedua konformasi tersebut? Dan senyawa apa yang memiliki konformasi tersebut?

2. Manakah yang memiliki konformasi lebih stabil dari cis 1,3 dimetilsiklobutana? mengapa demikian?


3. Dari penjelasan diatas, kita ketahui bahwa isomer geometri ditemukan hanya pada senyawa alkena dan senyawa siklik. Mengapa demikian?


STRUKTUR KHIRAL


Komentar

  1. hallo liza..
    perkenalkan saya cindy felia agam dengan nim A1C117046 disini saya akan membantu menjawab permasalahan no 3 karena senyawa alkena maupun senyawa siklik mempunyai ikatan rangkap tak dapat berputar dengan ikatan rangkap sebagai sumbunya, tanpa mematahkan ikatan pi nya. sehingga terjadinya ketegaran dalam molekul.

    semoga membantu yaa
    terima kasih

    BalasHapus
  2. Hai Liza
    Saya Melin Yohana Sito dengan NIM A1C117038
    Saya akan menjawab permasalahannomor dua
    Konformasi (b) lebih stabil dibandingkan (a) dikarenakan gugs metil cukup dekat pada (a) yang menghasilkan gaya tegangan Van der Waals diantara keduanya. Sedangkan pada konformasi (b), gugus metil terletak berjauhan. Walupun gugusnya metil bentuk cis tetapi letaknya berjauhan. Terimakasih

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  4. Nama : Kurnia Aulia
    Nim : A1C117068
    Baiklah disini saya akan mencoba menjawab permasalahan dari Khairil Liza yaitu pada nomor 2 mengenai apa itu konformasi goyang dan eklips
    Jadi disini saya akan menjawab bahwa pada konformasi goyang itu terdapat ada ketiga ikatan yakni C-H pada atom karbon yang salah satunya itu berpisah dengan ketiga ikatan C-H pada atom karbon yang selalu berdampingan. Sebaliknya pada konformasi eklips itu terdapat ada ketiga ikatan C-H pada atom karbon yang salah satunya itu selalu berdekatan dengan ketiga ikatan C-H pada atom karbon yang berdampingan.
    Dan senyawa yang memiliki konformasi ini adalah senyawa rantai terbuka.
    Semoga bisa membantu
    Terima Kasih.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Prinsip-Prinsip Sintesis Senyawa Alkaloid

Mekanisme Reaksi Bersaing SN2 dan E2